Laporan Praktikum Fisika Dasar

Tujuan Pembuatan Laporan Praktikum

Pembuatan laporan Praktikum Fisika Dasar ditujukan agar mahasiswa dapat belajar untuk mengemukakan pendapat/berkomunikasi dengan tulisan Laporan Praktikum Fisika Dasar melatih mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri untuk praktikum, menganalisis hasil praktikum dan membuat perhitungan untuk menentukan besaran Fisika, mengetahui beberapa besaran dari percobaan, menganalisa kesalahan dan akhirnya membuat kesimpulan secara keseluruhan.

Format Laporan Praktikum

Laporan praktikum terdiri dari dua macam yaitu Laporan Pendahuluan dan Laporan Akhir. Ketentuan pembuatan laporan adalah sebagai berikut :

  1. Laporan seluruhnya harus ditulis tangan yang rapi pada kertas HVS kwarto dengan jarak dua spasi dan diberi bingkai (atau garis pinggir) jarak garis dari atas 3 cm, samping kiri 3,5 cm, samping kanan 3 cm dan dari bawah 3 cm. Laporan yang diketik pakai komputer dan diketik manual tidak diterima dan praktikan tidak boleh ikut praktikum pada hari tersebut.
  2. Laporan tidak diperkenankan sebagai hasil copy (menyalin secara persis sama) baik menggunakan mesin photo copy atau printer. Laporan yang demikian tidak diterima.
  3. Bentuk laporan adalah sebagai berikut : halaman pertama (cover muka) setiap laporan harus seragam (lihat gambar 1).
  4. Halaman kedua dan seterusnya diisi :
    -    Laporan pendahuluan yang terdiri atas :

    • Nomor dan nama percobaan
    • Tujuan Prcobaan
    • Peralatan
    • Teori
    • Cara Kerja
    • Tugas Pendahuluan

    Tujuan percobaan dan peralatan dapat dilihat di buku pedoman praktikum. Teori umum dapat dibaca di buku pedoman praktikum dan buku-buku referensi lain yang sesuai dengan materi percobaan dan wajib ditambahkan dengan teori yang relevan. Cara kerja harus benar – benar menunjukkan hal-hal yang akan dikerjakan dalam praktikum, kalimat – kalimat perintah harus diganti dengan kalimat yang tidak menunjukkan perintah atau kalimat aktif. Tugas pendahuluan dapat dilihat dari buku pedoman dan harus sudah dijawab dan dikerjakan sebelum praktikum dimulai dan ditulis di akhir laporan pendahuluan.

    Contoh cover gambar 1

    Contoh cover gambar 1

    -    Laporan Akhir atau Laporan lengkap terdiri atas :

    • Laporan pendahuluan yang sudah dinilai
    • Data percobaan yang telah ditandatangani oleh asisten
    • Tugas akhir / pengolahan data sesuai dengan yang sudah dijelaskan oleh asisten atau dari buku petunjuk tugas akhir (dikerjakan tahap demi tahap sesuai dengan nomor urutnya dan dilampirkan grafik jika ada ). Data yang diolah harus sama dengan data yang diambil pada sa’at praktikum atau data yang ditinggalkan pada asisten, kalau datanya tidak sama atau data dari orang lain maka anda tidak diperkenankan untuk ikut praktikum pada minngu selanjutnya dan praktikum anda untuk semester ini dinyatakan tidak lulus, dan diulang pada semester berikutnya.
    • Kesimpulan dan analisa. Kesimpulan :

    Cara pengerjaan laporan akhir dapat dilihat dari buku petunjuk laporan akhir atau dari penjelasan yang telah ditentukan oleh asisten. Hasil perhitungan harus ditampilkan dalam bentuk tabel dengan satu contoh perhitungan untuk setiap tabel atau rumus. Kesalahan dalam percobaan harus disertakan baik kesalahan relatif maupun kesalahan literature. Cara penulisan kesalahan dan pembuatan grafik harus mengikuti ketentuan yang telah di jelaskan.

  5. Laporan pendahuluan dan laporan akhir setiap percobaan harus disatukan (dijilid) sebagaimana layaknya sebuah laporan atau makalah. Inilah yang disebut sebagai laporan lengkap.
  6. Penulisan laporan pendahuluan dan laporan akhir harus pakai warna pulpen yang sama dan tulisan tangan yang sama.
(download disini)CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN
(download disini)CONTOH LAPORAN AKHIR